Dedikasi Situs

Situs BKPSDM Kota Metro ini didedikasikan sebagai bentuk perwujudan e-government dalam rangka reformasi birokrasi yang dilaksanakan di lingkungan Pemerintah Kota Metro.

Click Now


 

NEWS.INFO.LAYANAN.DOWNLOAD
ALL SERVICE FROM BKD METRO

Peta Kantor

 
 

Turpis Integer Arcu

  • Et nisi mattis a adipiscing
  • Turpis magna! Urna ultrices
  • Nascetur platea habitasse, tristique
Visit Site View Details
 

Penatibus Massa

  • Vel dis urna, placerat dapibus
  • Nisi, adipiscing penatibus lorem
  • Et mauris duis dis duis
Visit Site View Details
 

Porttitor Ridiculus

  • Nisi lundium turpis pulvinar
  • Magnis nisi, sociis in
  • Dapibus, nec platea, elementum
Visit Site View Details
  • LATEST NEWS: PNS Kota Metro terima SK Kenaikan Pangkat Periode 01 April 2017 . . . (read more)
  • LATEST NEWS: Pembekalan bagi PNS yang akan purna bhakti . . . (read more)
  • LATEST NEWS: Asesment Pemerintah Kota Metro 2017 . . . (read more)

Sasaran Kerja Pegawai

Setiap PNS wajib menyusun SKP sebagai rancangan pelaksanaan Kegiatan Tugas Jabatan sesuai dengan rincian tugas, tanggung jawab dan wewenangnya sesuai dengan struktur dan tata kerja organisasi. SKP disusun dan ditetapkan sebagai rencana operasional pelaksanaan Tugas Jabatan dengan mengacu pada Renstra dan Rencana Kerja Tahunan (RKT). SKP yang telah disusun  harus disetujui dan ditetapkan oleh pejabat penilai (atasan langsung) dan ditetapkan setiap tahun pada bulan Januari dan digunakan sebagai dasar penilaian prestasi kerja. SKP yang telah disusun dan disetujui oleh atasan langsung merupakan suatu kontrak kerja antara pegawai yang dinilai dengan atasan langsung sebagai pejabat penilai.

SKP (sasaran kinerja pegawai) berdasarkan PP 46 tahun 2011yang dijabarkan ke Perka BKN (Badan Kepegawaian Nomor 01 tahun 2013) bahwa Penilaian Prestasi Kerja PNS secara sistemik menggabungkan antara SKP (Sasaran Kinerja Pegawai) dan penilaian perilaku kerja. Penilaian prestasi kerja terdiri dari dua unsur tersebut bahwa bobot penilaian unsur SKP sebesar 60% dan perilaku kerja sebesar 40%.

Beberapa pertanyaan yang sering dilontarkan pegawai sekitar SKP:

Apa yang dimaksud dengan SKP ?

SKP adalah Sasaran Kerja Pegawai yang ada dalam salah satu unsur di dalam Penilaian Prestasi Kerja PNS yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011.

Bagaimana cara mengisi formulir SKP ?

Penilaian kinerja adalah penilaian yang dilakukan oleh atasan oleh bawahan.

Bagaimana menentukan target kuantitas dalam pekerjaan yang tidak bisa diprediksi atau output dari orang lain ?

Cara menentukan target kuantitas dalamm pekerjaan yang tidak bisa diprediksi atau autputnya dariorang lain adalah dengan cara mempertimbangkan jumlah output yang masuk pada tahun-tahun sebelumnya.

Bagaimana menilai kualitas dalam suatu pekerjaan / kegiatan ?

Cara menilai aspek kualitas dalam suatu pekerjaan/kegiatan adalah dengan mengacu pada parameter yang ada pada Peraturan Kepala BKN Nomor 01 Tahun 2013 pada halaman 20.

Siapa saja kah yang dapat memasukkan target biaya?

Yang dapat memasukkan aspek biaya adalah PNS yang secara langsung mempertanggungjawabkan biaya kegiatan tersebut dalam hal ini PPK (Pejabat Pembuat Komitmen).

Bagaimana menyusun SKP untuk jabatan fungsional umum ?

Untuk menyusun SKP jabatan fungsional umum adalah disesuaikan dengan nama jabatan yang bersangkutan dan uraian kegiatannya yang akan dilakukan selama 1 (satu) tahun dengan mengacu pada SKP atasan langsungnya.

Bagaimana menyusun SKP untuk jabatan fungsional tertentu ?

Untuk menyusun SKP jabatan fungsional tertentu adalah dengan mengacu pada lampiran kegiatan yang ada pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan RB yang mengatur tentang jabatan tersebut dan Angka Kreditnya (AK) sesuai dengan jenjang jabatan masing-masing.

Apa berbedaan antara DP3 dengan SKP ?

Perbedaan antara DP3 dengan SKP adalah kalau DP3 yang dinilai lebih pada perilaku kerja PNS yang bersangkutan, sedangkan kalau SKP lebih pada capaian kinerja PNS yang bersangkutan dalam setiap targetnya.

Apa kaitannya RKT dengan kegiatan tugas jabatan ?

Kaitannya antara Rencana Kerja Tahunan (RKT) dengan kegiatan tugas jabatan adalah RKT sebagai acuan untuk menyusun kegiatan tugas jabatan masing-masing PNS.

Apakah dalam menyelesaikan tugas/pekerjaan ada perbedaan tingkat kesulitan?

Dalam menyelesaikan tugas/pekerjaan ada perbedaan tingkat kesulitan pekerjaan antara atasan dengan bawahan sesuai dengan karakteristik pekerjaan masing-masing.

Bagaimana cara mengisi kegiatan tugas jabatan bila sifat dan jenis pekerjaannya sama (homogin) ?

Apabila terjadi kesamaan jenis pekerjaan antara PNS yang satu dengan yang lainnya maka dapat dibagi perwilayah atau perinstansi.

Bagaimana cara memasukkan kegiatan tugas tambahan ?

Kegiatan tugas tambahan yang dilakukan selama 1 (satu) tahun bisa dituangkan ke dalam formulir keterangan melaksanakan tugas tambahan yang ada pada Perka BKN Nomor 1 Tahun 2013 halaman 84, sedangkan nilainya langsung dituangkan dalam penyusunan SKP pada akhir tahun dalam kolom nilai tugas tambahan.

Documents

Created Date Wednesday, 03 June 2015
Modified Date Thursday, 11 June 2015
Filesize 153 Kilobytes

Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011

Layouts
Colors